Rancangan Aksi Nyata Modul 2.1





Yulia Adriani
SD Negeri 68 Palembang
CGP Angkatan 10 - Kota Palembang



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh 

Salam sejahtera buat kita semua...

Perkenalan nama saya Yulia Adriani dari SD Negeri 68 Palembang Calon Guru Penggerakan Angkatan 10 Kota Palembang, disini saya akan membuat rancangan tindakan aksi nyata Modul 2.1 Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas.


" Hanya ada satu bukti dari kemampuan - tindakan."
( Marie Ebner - Eschenbach )

⏩ Latar Belakang

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid sesuai kebutuhannya dan memberi keleluasaan pada murid untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar murid, minat belajar murid dan profil belajar murid. Dalam melakukan pembelajaran berdiferensiasi, guru harus berusaha memenuhi kebutuhan belajar anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Biarkan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodratnya agar mereka mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat berdasarkan filosofis ki Hadjar Dewantara.

Sebagai guru penggerak kita harus berpihak pada murid, mandiri, inovatif, kolaboratif, serta reflektif agar tercipta pembelajaran berdiferensiasi yang dapat memenuhi kebutuhan murid sesuai dengan kodratnya. Dengan demikian guru penggerak dapat mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi guru lain, menggerakan komunitas praktisi, berkolaborasi dengan guru lain serta mewujudkan kepemimpinan murid sesuai dengan nilai dan peran guru penggerak.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi salah satu strategi untuk mewujudkan visi guru penggerak yang berpihak ada murid. Dimana dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi antara guru dan murid harus ada kesepakatan kelas terlebih dahulu agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai dengan budaya positif disekolah.

Tujuan pembelajaran khusus

  • Calon guru penggerak dapat menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi di kelas sesuai dengan pemetaan kebutuhan belajar murid.
  • Calon guru penggerak dapat menerapkan pembelajaran beriferensiasi di kelas dengan memperhatikan kebutuhan belajar murid.
  • Calon guru penggerak dapat merefleksikan terhadap implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas.
⏩Karakteristik pembelajaran berdiferensiasi
  • Memiliki tujuan pembelajaran yang jelas
  • Guru mengetahui kebutuhan murid
  • Lingkungan yang nyaman yang membuat murid bahagia pada saat belajar
  • Manajemen kelas yang efektif
  • Melakukan penialaian berkelanjutan
⏩Pemetaan kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi
  1. Kesiapan belajar murid : Mengharuskan guru untuk menilai pengetahuan awal dan menentukan apa yang telah murid ketahui dan dimana murid berada.
  2. Minat belajar murid : Minat setiap anak berbeda-beda-beda, minat yang muncul dari dalam diri murid karena menyukai suatu hal.
  3. Profil atau Gaya belajar murid : Profil belajar murid berkaitan dengan lingkungan , budaya, gaya belajar dan kecerdasan majemuk yang berbeda dengan satu anak dengan anak yang lainnya.
⏩ Strategi penerapan kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi
  1. Diferensiasi Konten : Apa yang kita ajarkan kepada murid. Konten dapat dibedakan sebagai  tanggapan terhadap kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar  murid.  
  2. Diferensiasi Proses : Dimana pada proses kegiatan murid akan memahami atau memakna apa yang dipelajari oleh mereka.
  3. Diferensiasi Produk  : Hasil dari pekerjaan atau ujuk kerja yang di buat oleh murid.

Tolak ukur
  • Tercapainya tujuan pembelajaran berdiferensiasi di kelas dengan adanya peningkatan ketercapaian tujuan pembelajaran dikelas.
  • Mempersiapkan pemetaan berdasarkan kesiapan belajar murid, minat belajar murid dan  profil belajar murid.
  • Staregi pembelajaran yang dilakukan menggunakan diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk.
  • Melakukan penilaian dengan melihat beberapa aspek penilaian yaitu penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
⏩Linimasa tindakan yang akan dilakukan

  • Meminta izin serta dukungan dari kepala sekolah terhadap rancangan aksi nyata calon guru penggerak di sekolah.
  • Mengetahui tujuan pembelajaran dan memetakan kebutuhan belajar murid mulai dari kesiapan belajar murid, minat belajar murid dan profil belajar murid.
  • Menyusun modul ajar berdiferensiaso berdasarkan pemetaan kebutuhan belajar murid
  • Pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi dikelas.
  • Evaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran berdiferensiasi dikelas.
⏩Dukungan yang dibutuhkan 



    Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak mulai dari kepala sekolah, rekan sejawat dan yang paling penting adalah murid. Murid sebagai subyek yang paling penting dalam pelaksanaan pembelajaran, dukungan lain yaitu sarana dan prasarana yang ada di sekolah.


"TERIMA KASIH"

Comments

Popular posts from this blog

1.4.a.9 Aksi Nyata Budaya Positif - Modul 1.4

Modul 2.1.a.3 Mulai Dari Diri Modul 2.1